Jumat, 27 Juli 2018

Deadline Pursuer

Aku selalu penasaran kenapa aku suka banget yang namanya deadline. Aku bingung aja gitu, waktunya panjang... tapi baru kukerjain setelah mendekati deadline. Kadang malah pas hari deadline baru aku kerjain. Kalian pasti bakalan bilang aku "males" ya kan?

Oke, nggak papa. 

Yang bikin aku ngrasa aneh dan penasaran, aku selama belum deket deadline, itu cari hal lain... cari deadline lain, dan ngerjain hal lain yang sebenarnya nggak terlalu mendesak. Misal, belajar bikin aplikasi, nulis--aku suka nulis, mungkin bisa dibilang hobi, dan sebagainyalah.

Aku merasa kalo aku itu sebenarnya nggak males. Kecuali kalo lagi main game... huaalaaah... itu yang bikin males malesan. Tapi itu masa lalu. Aku udah bisa ngatasi soal main game. Sekarang aku nggak lagi berlama lama kalo main game. Dan aku udah bisa nolak ajakan main MOBA game. Itu kemajuan. Tepuk tangan buat aku. Terimakasih.

Meski kayak gitu, meski aku nggak males malesan, aku masih aja ngerjain sesuatu mendekat deadline. Kira kira gimana ya supaya aku bisa ngerjain sesuatu cepat, segera setelah nentuin deadline? Aku pernah coba dulu. Aku nentuin mau ikut lomba. Waktunya dua atau tiga bulan gitu, lupa. Nah aku kerjain langsung kan tuh dari hari aku tahu itu lomba. Waktu itu lomba nulis sih, emang aku lagi suka banget nulis dulu. Tapi apa hasilnya? Aku justru gagal ikut lomba. Aku berhenti di tengah jalan. Bosen.

Nah, itu masalahku. Aku ini cepet banget bosen. Bahkan nih ya, aku main game... baru aku download beberapa menit, langsung aku uninstall. Sampe aku dibilang nggak usah main game sama temenku, soalnya kerjanya cuma install-uninstall game. Untuk hal ini aku suka sih, jadi aku bisa lebih mudah buat ngurangi main game.

Tapi lagi nih... aku itu kalo udah suka sama sesuatu awet banget lho. Gini ceritanya aku bisa yakin kalo aku setia. Waktu SMA, itulah awal mula aku mulai suka nulis. Sebelumnya, aku sama sekali nggak kepikiran pengen nulis. Baca buku aja hampir nggak pernah, palingan baca buku kalo ada PR yang mengharuskan buka buku karena materi nggak aku hafal.

Oke lanjut. Beberapa saat kemudian, aku mulai paham tentang betapa nikmatnya nulis. Mulai dari kepala sedikit lebih plong, soalnya kaya curhat gitu ke atas kertas, sampai ke keuntungan menulis itu sendiri yang bisa jadi komersialisasi menjanjikan dan nggak ngabisin waktu karena cukup luangkan di waktu senggang. Aku menyebutnya, kegiatan sampingan yang menghasilkan.

Dan itu terus berlanjut. Aku selalu cari lomba lomba nulis buat motivasi aku belajar nulis. Pokoknya aku udah beneran deh suka sama nulis. Sampe sekarang, aku masih tetep suka dan terus belajar buat lebih baik lagi. Padahal aku tahu, dalam belajar nulis ini, aku nggak punya deadline. Dan saat aku nikmati, aku mengerjakannya hingga sekarang tanpa sadar. Waktu aku coba buka buka lagi tulisan lama, aku kadang ketawa, dan barulah aku sadari... tulisanku mulai berkembang dari sejak pertama aku nulis.

Bertambah lagi, suatu saat tulisanku dibaca teman, dan dia ikut ngerasain apa yang aku bagikan di tulisanku itu, rasanya itu seneng gimana gitu. Bisa memberi emosi ke orang lain, melalui tulisan. Aku jadi sadar, menjadikan "komersialisasi" saja tidak benar, karena menuliskan berbagai rasa berbeda dan bisa dirasakan oramg lain lebih membuat hati nyaman. Perlahan, aku terus nulis dan mengubah motivasi utama.

Sampai sekarang, entah kapan deadline aku berhenti nulis, aku dengan senang hati menulis berbagai hal. Berharap suatu saat bisa dinikmati orang lain,dan sampai perasaanku pada orang yang membaca. Betapa membahagiakannya.

Walah... kok jadi panjang ya?
Begitulah. Jadi, meski aku ini pengejar deadline, bukan berarti tidak setia. Aku bisa setia, bahkan makin cinta jika aku memang tertarik akan sesuatu. Jadi... terima salamku.

Salam,
D.D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar